Cara Konversi Sudut ke Radian dan Sebaliknya

Dalam ilmu matematika Anda pasti tidak asing dengan yang namanya sudut. Nah, seperti yang diketahui bahwa besaran sudut terbagi menjadi dua, yaitu derajat dan radian. Tetapi, ada kalanya dalam soal yang diberikan dan rumus yang akan dipakai diperlukan konversi antar besaran. Untuk mempermudah Anda dalam mengkonversi satuan besaran sudut, berikut cara konversi sudut ke radian dan sebaliknya.

Pengertian Derajat dan Radian

Sudut merupakan simpangan arah dua garis lurus yang bertemu pada suatu titik sudut. Untuk menyatakan besaran sebuah sudut digunakan satuan derajat dan radian. Dalam satu putaran sudut penuh memiliki besar sudut 360 derajat atau 2π radian.

Dalam satuan derajat penuh memiliki besar sudut 360 derajat. Jadi, setiap 1 derajat berarti 1/360 putaran dalam mengelilingi satu putaran sudut penuh. Sedangkan radian merupakan satuan ukuran sudut pusat lingkaran yang memotong busur dengan panjang sama dengan radius lingkaran. Dalam satu putaran penuh memiliki besar sudut 2π radian.

Ukuran sudut yang bisa digunakan adalah derajat dan radian. Jadi setiap 1 radian bisa didefinisikan dengan 1800 per radian. Begitu pula dengan ukuran besar 1 derajat yang bisa didefinisakan dengan π/180. Agar lebih memudahkan Anda dalam konversi sudut radian dan sebaliknya, ada baiknya Anda mempelajari rumus konversi sudut ke radian.

Baca Juga

Cara Mengubah Derajat ke Radian

Mengubah ukuran sudut dari derajat ke radian, diperlukan ketelitian dalam meletakkan rumus kunci konversi. Rumus konversi derajat ke radian adalah π/180. Untuk mengubah ukuran sudut tersebut bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini:

Menuliskan ukuran besar sudut dari derajat yang ingin diubah ke ukuran radian. Misalnya, Anda ingin mengubah sudut 225°.

Mengalikan besar ukuran sudut yang ingin diubah dengan rumus kunci konversi derajat ke radian (π/180). Misalnya, dengan mengalikan sudut 225° x π/180

Lakukan penghitungannya. Misalnya, 225° x π/180 = 225π/180

Untuk mendapatkan jawabannya, sederhanakan pecahan tersebut. Bilangan sederhana dari 225π/180 adalah 5π/4.

Menuliskan jawabannya. Jadi, 225° = 5π/4

Cara Mengubah Radian ke Derajat

Berbeda dengan konversi derajat ke radian, konversi radian ke derajat menggunakan kunci π radian sama dengan 180°. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan konversi radian ke derajat, Anda bisa menggunakan langkah berikut ini:

Kunci dalam konversi radian ke derajat adalah 1 radian sama dengan 180°. Misalnya Anda ingin mengubah 1/3 π radian.

Mengalikan dengan 180/π. Misalnya, diketahui 1/3 π, maka bisa ditulis dengan π/3. Jadi sebelum dihitung bisa ditulis dengan π/3 x 180/π.

Lakukan penghitungannya. Jadi, π/3 x 180/π = 180π/3π = 60°

Nah, itulah cara untuk konversi sudut ke radian dan sebaliknya. Cara di atas dapat memudahkan Anda dalam mengubah besaran sudut yang bisa disesuaikan dengan rumus yang sudah tersedia. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *