Pengertian dan Jenis Peluang Suatu Kejadian

Dalam ilmu matematika selain menghitung segala hal dengan pasti, ada juga materi peluang untuk menghitung segala kemungkinan yang terjadi. Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari peluang suatu kejadian, simak ulasan berikut ini.

Definisi Peluang, Ruang Sampel, dan Frekuensi Harapan

Peluang merupakan ilmu yang mempelajari segala kemungkinan yang terjadi pada suatu kejadian. Pada perhitungan mengenai peluang ini segala kemungkinan bisa terjadi dengan sukses ataupun mengalami kegagalan.

Materi peluang ini juga erat hubungannya dengan materi statistika dengan beberapa submateri yang bisa Anda pelajari di bawah ini.

Dalam menghitung sebuah peluang kejadian, Anda juga harus memperhatikan ruang sampel. Ruang sampel sendiri harus memuat segala kejadian yang mungkin terjadi. Contohnya saja ketika menghitung peluang uang logam, ruang sampelnya sendiri terdiri dari gambar dan angka. Jadi, peluang yang terjadi pada suatu kejadian memuat segala kemungkinan kejadian dibanding dengan semua kemungkinan yang terjadi.

Baca Juga

Selain itu, ada pula frekuensi harapan yang menghitung kemungkinan segala kejadian yang bisa terjadi. Untuk menghitung frekuensi harapan bisa diperoleh hasil perkalian antara peluang dengan kejadian dan dapat dirumuskan dengan:

Definisi Peluang, Ruang Sampel, dan Frekuensi Harapan

Peluang Komplemen Suatu Kejadian

Dalam materi peluang suatu kejadian, ada materi mengenai peluang komplemen suatu kejadian yang merupakan kejadian yang berkebalikan dengan kejadian yang sebenarnya.

Misalnya pada percobaan A, maka kejadian yang tidak terjadinya kejadian A dinamakan dengan komplemen kejadian A (Ac). jadi, jika diketahui peluang berhasil 0,75. Maka peluang gagal adalah 0,25. Untuk memudahkan Anda  peluang komplemen suatu kejadian digunakan persamaan:

Peluang Komplemen Suatu Kejadian

Peluang Kejadian Majemuk 

Peluang kejadian majemuk adalah peluang dua kejadian yang terjadi. Biasanya digunakan notasi union ( U ). Misalnya untuk menentukan dua buah kejadian A dan B dalam ruang sampel, maka peluang kejadian majemuk digunakan rumus:

Peluang Kejadian Majemuk

Peluang Kejadian Majemuk Saling Lepas

Yaitu dua kejadian dalam percobaan yang saling lepas jika masing-masing kejadian tidak mungkin terjadi secara bersama-sama. Jika terjadi dua kejadian A dan B, maka rumus peluang kejadian majemuk saling lepas yang digunakan adalah

Peluang Kejadian Majemuk Saling Lepas

Peluang Kejadian Majemuk Saling Bebas

Yaitu dua kejadian dalam percobaan yang saling bebas. Jadi pada kejadian A tidak saling mempengaruhi kejadian B.

Misalnya dalam pelemparan koin yang pertama dilempar muncul sisi angka dan yangg kedua muncul sisi gambar. Untuk peluang kejadian majemuk saling bebas dapat menggunakan rumus:

Peluang Kejadian Majemuk Saling Bebas

Peluang Kejadian Bersyarat

Peluang kejadian bersyarat adalah peluang kejadian yang diawali dengan kejadian bersyarat. Misalnya dalam pelemparan dua koin logam secara bersamaan, peluang munculnya mata uang dengan kedua sisi berupa angka dan salah satu sisi muncul angka. Untuk menentukan peluang kejadian bersyarat munculnya kejadian A dengan kejadian B yang muncul lebih dulu digunakan rumus:

Peluang Kejadian Bersyarat

Nah, itulah beberapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitung peluang suatu kejadian. Meskipun hasilnya bukan merupakan hasil yang pasti terjadi, dengan mempelajari materi di atas dapat memperkiraan beberapa peluang kejadian di kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *