Pengertian Transformasi dan Jenis-Jenis Transformasi Geometri

Dalam materi geometri, terdapat subbab materi yang membahas mengenai transformasi geometri. Lalu, apakah yang dimaksud dengan transformasi? Berikut ulasan selengkapnya mengenai pengertian transformasi dan jenis-jenis transformasi.

Pengertian Transformasi Geometri

Transformasi merupakan istilah yang menggambarkan sebuah perubahan. Jadi bisa dikatakan bahwa transformasi geometri merupakan perubahan posisi, besar, dan bentuk suatu obyek dari obyek awalnya.

Di dalam ilmu matematika sendiri, transformasi menggambarkan sebuah proses pemetaan titik-titik gambar ke sebuah obyek yang dapat membentuk gambar yang lain. Jadi, jika kondisi sebuah obyek benda berubah, maka proses pemetaannya juga akan berubah.

Konsep matematika ini mulanya dipelajari oleh Felix Klein, seorang ilmuwan yang terkenal dengan paper berjudul “Erlangen Program”. Felix mengatakan bahwa geometri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari sebuah bangun yang dapat ditransformasikan ke bentuk yang berbeda yang tidak mengubah bentuk tersebut.

Baca juga

Jenis-Jenis Transformasi Geometri

Dengan memahami konsep pengertian transformasi dan jenis-jenis transformasi akan membantu Anda dalam menyelesaikan beragam soal matematika geometri. Transformasi geometri sendiri dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi. Berikut ulasan selengkapnya mengenai jenis-jenis transformasi.

Translasi

Translasi adalah cara mengubah obyek benda dengan cara menggeser posisi obyek dari jarak tertentu. Proses pemindahan titik obyek ini dilakukan sepanjang garis lurus dengan arah dan jarak. Berikut ini contoh translasi dengan menggeser titik obyek dengan jarak yang sama.

Pengertian transformasi geometri translasi

Untuk memudahkan penghitungan, maka diterapkan rumus translasi sebagai berikut:

rumus translasi, jenis-jenis transformasi geometri

Refleksi

Refleksi juga biasa disebut dengan pencerminan. Proses pemindahan obyek didasarkan pada hasil cermin datar yang menghasilkan bayangan benda pada cermin.

Jenis refleksi sendiri ada beberapa macam, yaitu refleksi sumbu x, refleksi sumbu y, refleksi garis y =x, frefleksi garis y = -x, refleksi titik O 90,0), garis x = h, dan garis y = k.

refleksi, Pengertian Transformasi dan Jenis-Jenis Transformasi Geometri

Nah, untuk mempermudah Anda dalam menentukan titik hasil refleksi ada rumus yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam menentukan titik-titik koordinatnya.

rumus refleksi

Rotasi

Rotasi atau perputaran adalah perubahan obyek yang dipindah dengan cara diputar. Salah satu contoh rotasi yang bisa Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah bianglala. Prinsip rotasi obyek adalah dengan memutar titik di sudut obyek dengan sudut dan titik pusat tertentu.

rotasi

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan hasil rotasi berdasarkan titik pusat dan sudutnya, ada beberapa rumus yang bisa digunakan:

rumus rotasi

Dilatasi

Dilatasi atau yang bisa disebut dengan perbesaran dan perkecilan adalah proses transformasi geometri dengan mengubah ukuran benda. Proses transformasi ini didasarkan oleh skala yang digunakan sebagai faktor pengalinya.

dilatasi

Rumus dilatasi sendiri didasarkan pada titik pusatnya. Nah, berikut rumus dilatasi yang terbagi menjadi dua macam:

rumus dilatasi

Nah, itulah pengertian transformasi dan jenis-jenis transformasi yang bisa Anda pelajari untuk mempermudah mempelajari materi pemetaan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memahami materi transformasi geometri. Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *